Koleksi Istilah Teknologi Informasi dari Microsoft

Jika Anda seorang penerjemah yang pernah (atau terbiasa) menerjemahkan bidang teknologi informasi, khususnya komputer, aplikasi komputer, dan Internet, kemungkinan besar Anda pernah mendapat instruksi khusus dari Project Manager (PM) agar menggunakan Microsoft Terminology Collection yang tersedia bebas di Microsoft Language Portal.

Microsoft Language Portal adalah portal pencarian dwibahasa untuk mencari terjemahan istilah penting khas Microsoft dan terminologi bidang TI secara umum. Portal ini dibuat dengan maksud agar pengguna dan mitra internasional Microsoft tahu istilah khas yang Microsoft gunakan untuk kepentingan pengglobalan (globalization), pelokalan (localization), penulisan (authoring), dan pencarian secara umum.

Portal ini berisi sekitar 25.000 istilah lengkap dengan definisinya, dan sudah diterjemahkan ke hampir 100 bahasa, juga berisi terjemahan perangkat lunak untuk produk-produk dari Microsoft, seperti Windows, Office, SQL Server, dan banyak lagi.

Microsoft Terminologi Collection dapat digunakan untuk mengembangkan versi lokal dari aplikasi yang terintegrasi dengan produk Microsoft. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengintegrasikan terminologi Microsoft ke dalam koleksi terminologi lain atau difungsikan sebagai istilah dasar TI untuk pengembangan bahasa di hampir 100 bahasa yang tersedia.

Karena ada keharusan untuk merujuk ke Microsoft Portal Language, biasanya kita harus membuka portal tersebut di salah satu tab pada peramban web yang digunakan. Itu yang saya lakukan, sebelum saya tahu bahwa terminologi ini disediakan dalam format .tbx, yang merupakan standar industri untuk pertukaran terminologi. Setelah tahu bahwa terminologi ini tersedia dalam format .tbx, dan saya ingat bahwa SDL Multiterm bisa membaca format .txb, maka saya segera mengunduh koleksi istilah Microsoft tersebut dan mengolahnya menjadi berkas Termbase agar lebih mudah untuk digunakan saat bekerja dengan SDL Trados Studio 2011/2014/2015.

Jika Anda merasa perlu untuk memiliki termbase ini, baik untuk menggunakannya dalam proyek penerjemahan yang relevan atau untuk alasan lain, Anda dapat mengunduhnya di tautan unduhan yang tersedia di bawah. Jika Anda mengalami masalah dalam penggunaannya, atau ada kendala dengan SDL Trados Studio yang Anda gunakan, silakan sampaikan kendalanya di kolom komentar.

Unduh
Microsoft Terminology Collection English – Indonesian.

Catatan
This glossary is an as-is extract from the Microsoft Language Portal. © 2016 Microsoft Corporation. All rights reserved.

Leave a Reply